Senin, 21 Juni 2010

Bandung High Technology Valley

Senangnya Ilmu Komputer

Kulawarga Perguruan Tinggi Bandung

Keluarga Mahasiswa Bandung
(Peneliti Muda Bandung)




Nilai Kurang untuk Kondisi Indonesia :

  1. Krisis ekonomi yang mengakibatkan minimnya dana Pemerintah dalam mendanai pembangunan infrastruktur. Terlebih lagi bidang industri berbasis Teknologi yang sering disalahtafsirkan seakan seluruhnya ; kurang bermanfaat bagi rakyat banyak, boros / padat modal dan kurang menyerap tenaga kerja lokal. Disamping itu rendahnya alokasi dana riset dan pengembangan serta anggaran pendidikan nasional juga akan membawa efek negatif baik secara langsung ataupun tak langsung.
  2. Munculnya muka-muka baru baik dalam birokrasi pemerintahan maupun dalam legislatif yang ditengarai agak kurang berkemampuan-khususnya dalam pemahaman akan Iptek- hingga kurang dapat mengikuti jalan pemikiran atas urgensi serta potensi besar BHTV.
  3. Masih perlu dibangkitkannya perhatian nyata pemerintah / “political will” dalam menetapkan regulasi yang menunjang kepentingan BHTV dalam berbagai sektor . Sektor-sektor prioritas terpenting : Perindustrian soal regulasi yang menunjang bidang industri berbasis teknologi IT. Keuangan : sektor investasi agar menggalakkan pemodalan ventura dan bursa saham yang khusus melayani perusahaan berbasis teknologi. Kementerian Ristek yang mengatur prioritas riset unggulan nasional – Pendidikan Nasional soal peran Perguruan Tinggi, kurikulum muatan lokal yang mengacu pada kebutuhan BHTV, dll.
  4. Dibanding negara yang telah cukup sukses melaksanakan “Silicon Valley ala Dunia Ketiga” seperti Bangalore di India ataupun Filipina dengan “Gateway Business Park” di Selatan Manila, maka untuk Indonesia penguasaan Bahasa Inggris -yang menjadi modal wajib dalam dunia teknologi IT- terbilang agak tertinggal. Untuk itu Departemen Pendidikan Nasional perlu menetapkan arahan yang jelas mendorong pengajaran kemampuan Bahasa Asing dan dalam menetapkan arah pengembangan perguruan tinggi bidang teknologi khususnya bagi universitas di sekitar Bandung.

David J. Malan, Ph.D.

Instructor

Lebih lengkap di:

dmalan@harvard.edu
http://www.cs.harvard.edu/malan/

http://cs50.tv/.

Harvard College

blog.cs50.net.

Semoga Bermanfaat dan Terima Kasih

Tidak ada komentar:

Posting Komentar